Pantai Batu Hoda (Batu Hoda Beach), Wisata Baru Danau Toba yang Harus Anda Tuju

Pantai Batu Hoda (Batu Hoda Beach) Samosir adalah salah satu pantai yang baru dibuka beberapa bulan lalu di kabupaten samosir. Samosir sendiri sudah tidak asing lagi bagi pegiat alam dan wisata budaya lainnya. 

Danau Toba di Sumatera Utara menjadi salah satu destinasi yang paling sering dikunjungi wisatawan. Pantai itu terletak di Dusun Malau, Desa Cinta Dame, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. Selain memiliki pemandangan yang indah, Pantai Batu Hoda juga memiliki cerita legenda tentang arti kesetiaan. Pantai Batu Hoda berjarak sekitar 1 kilometer dari pelabuhan Simanindo, Kabupaten Samosir.

turist sedang berjemur
Ombang Siboro selaku Kadis Pariwisata bercerita bahwa Pantai Batu Hoda mempunyai legenda ratusan tahun lalu, yakni tentang kesetiaan seekor kuda betina yang berakhir menjadi batu. Sehingga dalam bahasa Batak disebut dengan Batu Hoda.

“Kenapa disebut Batu Hoda? Karena ada cerita legenda dengan history yang menarik. Batu Hoda dalam bahasa Indonesia adalah Batu Kuda. Orang tua kita dulu di sekitar daerah ini, bercerita tentang kuda betina yang menjadi batu,” kata Ombang. Ombang mengatakan, masyarakat percaya jika ada kuda yang datang dari konservasi dan terdampar di sini. Namun ia kesepian karena tak memiliki pasangan. Akhirnya ia diam sampai membatu.

Batu tersebut dipercaya berada dipinggiran pantai dan diapit batu-batu lain.

“Dari kisah itu, pantai ini kemudian dinamakan nama Batuhoda. Yang dimaksud adalah batu kuda. Kebenarannya kita tidak tahu karena itu legenda. Tapi masyarakat sekitar mempercayai hal itu,” tutur Ombang.

Pantai Batuhoda adalah milik seorang warga. Namun, pengelolaan pantai ini dikolaborasikan dengan Dinas Pariwisata Samosir.

“Lahannya punya warga. Tapi dikerjasamakan dengan kita. Selesaikan desain dan pengelolaannya dari kita. Nantinya kita juga merangkul masyarakat untuk berjualan di sini. Sistemnya bagi hasil. Tapi kulinernya juga ada standar kualitasnya. Karena kita tidak hanya merangkul wisatawan lokal dan nusantara, tetapi juga mancanegara, “ujar Ombang.


Pantai Batu Hoda memiliki keindahan alam dengan pemandangan tebing Danau Toba mengarah ke Kabupaten Dairi dan Kabupaten Simalungun. Di samping itu, Pantai Batu Hoda juga memiliki pasir putih halus dan pasir kasar serta bebatuan besar. Di sini, Anda bisa berswafoto dengan latar belakang pemandangan yang indah. Selain itu, desiran ombak Danau Toba memberikan ketenangan kepada pengunjung. dikutip dari "harianbatakpos.com"

terlihat turist sedang bersantai
Pantai Batu Hoda (Batu Hoda Beach) memiliki beberapa keunikan dibanding dengan pantai lainnya disamosir. diantaranya didesain seperti pantai laut dimana memiliki beberapa payung dengan tempat bersantai yang sangat menarik.

Keunikan lainnya dari Pantai Batu Hoda (Batu Hoda Beach) adalah spot spot berfoto yang ditawarkan sangat banyak. Mengikuti jaman sekarang. Beberapa spot berfoto dibuat menyerupai spot berfoto dilembang bandung. Seperti Sarang burung, Ayunan, sampai spot berfoto ala wedding disediakan.

terlihat steffy personil cherrybell sedang bermain di ayunan Pantai Batu Hoda (Batu Hoda Beach)
Pantai Batu Hoda (Batu Hoda Beach) juga dirawat dengan sangat baik oleh pihak pengelola. selain bersih, fasilitas disini juga terbilang sangat lengkap. cukup dengan membayar 10.000 rupiah perorang sebagai tiket masuk, kita sudah dapat bersantai ria menikmati pantai yang indah ini. tetapi jika ingin berfoto di beberapa rumah pohon, kita harus rela membayar lebih senilai 20.000 rupiah untuk perorangnya.

So, buat teman-teman yang ingin berkunjung ke Pantai Batu Hoda (Batu Hoda Beach) ini, siapkan kamera terbaikmu ya untuk mengabadikan foto dan moment di tempat indah ini, terkahir, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan. Karena, bagaimanapun kita hanya tamu disana.

Mauliathanks, Horas


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pantai Batu Hoda (Batu Hoda Beach), Wisata Baru Danau Toba yang Harus Anda Tuju"

Post a Comment