Apa Saja Yang ada di Taman Eden 100 Tobasa?

Pesona alam yang terdapat di kawasan Danau Toba begitu menariknya, bentang alam yang terdapat di kawasan danau vulkanik ini menyimpan berjuta keunikan yang sangat layak untuk anda kunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya dan lainnya dapat dengan mudah kita jumpai dikawasan ini. 

blackwood coffee house
Sebuah kawasan wisata yang tak kalah menariknya dan masih berada di kawasan Danau Toba adalah kawasan Hutan Taman Eden 100 yang letaknya tak jauh dari Danau Toba, Parapat (Sumatera Utara), tepatnya di Desa Sionggang Utara, kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir, atau sekitar 17km dari Parapat (Sumatera Utara). Bila berangkat dari Medan, anda dapat menempuh jalur darat dengan jarak tempuh 5-6 jam, karena jalur penerbangan Jakarta - Silangit telah dibuka maka jarak tempuh jalur darat menuju tempat ini 1 - 1,5 jam dari Bandara Silangit menuju arah Balige Toba Samosir.

Taman eden 100 adalah sebuah tempat yang menawarkan Berbagai objek yg akan dilihat seperti, air terjun, goa kelelawar, bukit manja ( lake toba view). Kebun anggrek toba, alam bebas dan trekking, dan juga ada lokasi untuk camping ground. Semua ini terdapat di hutan taman eden yg masih alami yg luasnya mencapai 40 hektar, juga taman eden selalu melakukan visi dan misi untuk lingkungan hidup. Penyediaan bibit bibit pohon, bibit bibit gratis, berbagai bibit bibit pohon langka, juga pohon pohon khas batak, jabi jabi, anturmangan, tunggal panaluan, dan masih banyak.
Taman eden mengutamakan lingkungan hidup hijau dan salah satu tempat wisata yang bergerak dalam lingkungan hidup dan pada akhirnya menjadi taman konservasi alam samapi pada saat ini. Disini para pengunjung bisa menanam pohon dan menjadi miliknya.
Taman eden telah banyak melakukan aksi dan kampanye lingkungan hidup, yaitu penanaman pohon di tepian danau toba dan di pinggir pinggir jalan. Kegiatan ini selalu dilakukan oleh taman eden yg dipimpin oleh anak dari l.sirait, marandus sirait yg pernah menerima kalpataru dari presiden langsung pada tahun 2006. marandus sendiri adalah seorang perintis lingkungan hidup, mengelola tempat wisata yang tidak ada menyulap menjadi ada di hutan,yang memang untuk memulai itu marandus sirait butuh waktu perlahan lahan dan lama dan juga usaha sangat bekerja keras sampai saat ini.

Di Taman Eden 100 ini anda bisa temukan pohon ara atau tin seperti yang tersebut dalam kitab suci, anda bisa melihat pohon ara dari Jerusalem dan butter nut dari Amazon tumbuh dengan subur. Deretan pohon tertata disepanjang jalan setapak. Anturmangan, beringin, alpukat, mangga dan beberapa pohon lainnya. hampir setiap pohon tertulis nama dan instansi atau kota tertentu, Nama yang tertera menunjukkan identitas si pemilik pohon itu. Setiap pengunjung mendapat kesempatan untuk mengabadikan namanya dengan cara dengan cara menanam pohon, yang tarifnya Rp 100.000 - Rp 300.000 per pohon yang akan di gunakan untuk merawat pohon."Bila pohon mati, kami mengganti dengan bibit baru," kata pemilik sekaligus pengelola Taman Eden 100, Marandus Sirait.  di Taman Eden 100 ini satu - satunya tempat konservasi anggrek hutan Sumatera Utara. Yang tak kalah menarik taman eden 100 juga membudidayakan andaliman yang menjadi salah satu bumbu khas tanah batak.

Saat ke Taman eden 100 apa saja yang bisa kita nikmati?
  1. air terjun 2 tingkat. ini adalah salah satu objek tujuan yg sering di kunjungi pengunjung dan hampir sering, karna ini adalah yg paling dekat, sekitar 15 menit dari parkiran (pos) sudah sampai, dan jalan juga tidak sulit, jadi bagi anak anak dan keluarga juga tidak bahaya, sehingga tmpt ini sering juga di datangi oleh orang orang yg berkeluarga ramai ramai.
  2. gunung sipangulubao. disini, kita akan memasuki lagi hutan rimba, khusunya bagi para pencipta alam, butuh stamina yg prima, perlengkapan penuh. disini anda harus mendirikan tenda untuk nginap, selalu waspada dan siap bila hujan datang, maka persiapkan segalanya baik untuk pribadi dan tim, ini adalah gunung sipagulubao yg tingginya 1800 mdpl. biasanya orang yg mendaki kesini adalah pencipta alam, kelompok pencipta alam, dan bila anda penasaran, persiapkan alat alat pendakian, taman eden juga menyediakan tenda untuk disewa, perlengkapan yg lain tentu anda yg harus membawanya, ini adalah rute yg membutuhkan pemandu.
  3. bukit manja. ini adalah objek tujuan yg mengesankan bagi pencinta alam, biasanya orang yg ingin mendaki kesini harusnya datang pagi pagi sekitar jam 7 dan 8 jika ingin pulang pergi, karna jarak tempuhnya sekitar 2 jam, agar waktunya tidak terburu buru waktu menikmati pemandangan di atas nantinya. perjalanan kesini memang kita ditantang, kekompakan tim, karna sampai menuju kesana adalah tanjakan,gunakanlah sepatu gunung dan tas yg safety. Semakin dekat ke titik puncak, maka keterjalan pun semakin runcing, sekitar 80 derajat. bahkan 90 derajat. tpi setelah anda sampai di puncak, anda akan merasakan kemenangan, kepuasan, namun semua itu terbayar setelah anda melihat pemandangan danau toba yg luas jelas terlihat, kami sarankan anda jgn lupa membawa teropong, karna sangat cocok disinni digunakan. jadi bisa menikmati pemandangan. karna disini tidak ada sumber air, maka kami sarankan anda harus membawa persedian air yg cukup bagi yg ingin camping, biasanya orang camping disini berkisar 1 sampi 2 hari, karna bila anda lama, anda harus membawa air yg banyak dari bawah, dan itu akan jdi sangat berat dan menyulitkan bukan, ? dan jika anda ingin camping di bukit manja, anda akan merasakan nikmatnya di puncak,angin kencang,
  4. Rumah Tarzan, Berjarak sekitar 45 menit perjalanan dari pos, dengan rute sedikit mendaki dan melewati hutan yang sedikit rimbun. 
  5. Budidaya Strauberry, ini menjadi salah satu objek menarik belakangan ini. Karena pengunjung diperbolehkan untuk memetik langsung buahnya.
  6. Budidaya Andaliman, Tentu ini sangat menarik mengingat orang batak hampir tidak bisa lepas dari bumbu khas tanah batak yang satu ini. di Taman eden 100 kita bisa melihat banyak tanaman dan bibit andaliman.
  7. yang terakhir yang sangat menarik bagi saya pribadi adalah Blackwood Coffee house. sebuah kedai kopi yang sangat spesial. berada diantara hutan dan air terjun 2 tingkat yang kita bahas diawal tadi. sektar 10 menit dari pos. kedai kopi ini menjadi daya tarik para pengunjung belakangan ini.
1 air terjun 2 tingkat

4. rumah tarzan

7. blackwood coffee house



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apa Saja Yang ada di Taman Eden 100 Tobasa?"

Post a Comment