Lengkap, Harga dan Jadwal Keberangkatan Kapal Menuju Pulau Samosir

Berlibur di kota Parapat yang terletak di pinggir danau terindah di Indonesia yaitu Danau Toba dengan keajaiban alam dan legenda batu gantungnya, tidak akan lengkap jika anda tidak mengunjungi pulau Samosir. Sebuah pulau vulkanik di tengah Danau Toba Sumatera Utara. Untuk mengunjungi pulau Samosir bisa melalui jalan darat atau menyeberang menggunakan kapal ferry.

Parapat
Pulau Samosir dengan dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut dan menjadikan sebuah pulau yang menarik turis lokal maupun turis mancanegara. 
Untuk pengendara kenderaan roda dua atau roda empat menuju ke pulau Samosir pada umumnya menggunakan jasa kapal ferry penyeberangan dari pelabuhan Ajibata Parapat menuju ke Tomok Pulau Samosir, sambil menikmati pemandangan Danau Toba. Nah kali ini kita akan membahas jadwal dan harga keberangkatan kapal menuju pulau samosir.

Kapal Penumpang Umum

Ongkos naik kapal berbeda-beda setiap destinasi. Biaya penyeberangan kapal penumpang dari Ajibata ke Tomok sampai update terakhir Rp.8.000/orang dan kendaraan roda dua 2x dari harga penumpang. Sedangkan biaya penyeberangan kapal dari pelabuhan Tigaraja ke Tomok Rp.5.000/orang dan sepeda motor 2x harga penumpang. Untuk catatan kamu juga bisa menggunakan kapan wisata yang berangkat jika kapal sudah penuh. Biayanya sedikit lebih mahal yaitu Rp.15.000/orang dan penumpang akan dibawa ke Batu Gantung dulu sebelum menuju Tomok. Jika ingin menikmati speedboat kapal cepat dan menyusuri guncangan ombak, kamu cukup membayar Rp.500.000/kapal dan kamu bisa menikmati keindahan danau sepuasnya.


kapal wisata
Untuk info, kapal pengangkutan umum dari Tomok menuju Ajibata mulai jalan dari jam 6 pagi dan berjalan setiap 1 jam sekali sedangkan dari Ajibata ke Tomok mulai jalan pukul 7 pagi setiap harinya. Semoga cukup membantu untuk informasi akses ke Samosir.

  • Tomok Tour – Ajibata     14x/hari
  • Tuktuk – Tigaraja             8x/hari
  • Onan Runggu – Balige     1x/hari
  • Onan Runggu – Ajibata     5x/hari
  • Nainggolan -Balige     1x/hari
  • Nainggolan – Ajibata     1x/hari (Pekan yaitu hari Senin ditambah lagi 1 pengangkutan)
  • Mogang – Balige             1x/hari
  • Mogang – Ajibata             1x/hari
  • Simanindo – Haranggaol 1x/hari
  • Pangururan – Haranggaol 1x/hari
  • Tomok, Lopo Parindo – Tigaraja      10x/hari
  • Tomok Tour – Ajibata                     14x/hari
  • Tuktuk – Tigaraja                             8x/hari

Kapal Ferry

Rute kapal Ferry melalui 3 rute ini

kapal ferry
  1. Pelabuhan Ajibata – Pelabuhan Tomok
  2. Pelabuhan Muara – Pelabuhan Nainggolan
  3. Pelabuhan Tigaras – Pelabuhan Simanindo
  4. Pelabuhan Balige – Pelabuhan Onanrunggu
  5. Rute KM Ferry Ajibata-Tomok
Rute  Ajibata menuju Tomok memiliki 2 kapal Ferry yaitu KMP Tao Toba I dan KMP Tao Toba II. Tetapi kapal yang biasa dioperasikan adalah Tao Toba II sedangkan Tao Toba I dioperasikan hanya pada hari tertentu atau high season termasuk saat menjelang natal dan tahun baru jika penumpang meningkat ke daerah Samosir. Bahkan sampai beroperasi 24 jam.  Biaya penyeberangan mobil di dalam kapal Ferry sebesar Rp.115.000. Muatan kapal Ferry sekali angkut sekitar 28 kendaraan. Dan masuk sesuai antrian alis tidak bisa di booking.

via http://sangbintang.com

Note: 
Setiap hari raya atau hari libur, antrian akan sangat padat. Mengingat banyaknya pemudik dan wisatawan yang menuju Pulau Samosir. Lalu,  Pastikan datang jauh lebih pagi untuk menghindari membludaknya antrian.

Trip Rute Tomok          Rute Ajibata
1      07.00 - 08.00         08.30 - 09.30
2      10.00 - 11.00         11.30 - 12.30
3      13.00 - 14.00         14.30 - 15.30
4      16.00 - 17.00         17.45 - 18.45
5      19.30 - 20.30         21.00 - 22.00

Rute KM Ferry Muara – Nainggolan/Sipinggan

Jalur penyeberangan Muara – Sipinggan dilayani oleh KMP Sumut II dengan kapasitas muat sebanyak 8 kendaraan dan penumpang sekitar 40 orang. Jarak tempuh dari Muara ke Nainggolan memakan waktu sekitar 50 menit. Beroperasi 2x seminggu yaitu hari Sabtu dan Minggu. Terjadi perubahan jadwal sejak petengahan tahun 2017 karena adanya penambahan kapal ferry rute Onanrunggu ke Balige, yang sebelumnya melayani 3 kali dalam  satu minggu menjadi 2 kali. 

Rute KM Ferry Tigaras – Simanindo

Penyeberangan dari Tigaras ke Simanindo dilayani oleh KMP SUMUT I. Area Medan, Tebingtinggi, Pematang Siantar dan Tigaras lebih dekat melalui pelahubahan ini sehingga tidak perlu ke Ajibata dulu. Waktu tempuh menggunakan Ferry dari Tigaras ke Simanindo mencapai waktu sekitar 45 menit. Jumlah mobil yang bisa diangkut sekitar 16 mobil untuk sekali perjalanan. Rute kapal Ferry Simanindo beroperasi setiap hari.

Rute KM Ferry Onanrunggu – Balige

Kapal Ferri KM Sumut II rute Onanrunggu-Balige resmi dibuka tahun 2017 lalu. Beroperasi dua kali seminggu yaitu hari Senin dan Jumat dengan waktu keberangkatan yan sama. Waktu tempuh untuk penyeberangan ini sekitar 90 menit.

Tutorial mengedit foto traveling untuk instagram

Untuk teman-teman yang berangkat dari pelabuhan ajibata/parapat, Untuk pengguna kenderaan roda empat atau lebih, untuk memarkirkan kenderaan di dalam kapal ferry, mobil berjalan dalam posisi mundur hingga masuk ke dalam kapal dari depan penjualan tiket. Begitu juga sebaliknya masuk ke kapal ferry dari Tomok ke Parapat, kenderaan menghadap keluar.


Artikel terkait:

Perjalanan dari Ajibata ke Tomok sekitar 30 menit, dan agar anda tidak bosan pergi berjalan-jalan ke atas dek kapal sambil menikmati hembusan angin sejuk dan melihat Pulau Samosir dan Kota Parapat dari tengah Danau Toba atau menikmati makanan yang tersedia di kapal dan di hibur oleh pengamen cilik dengan lagu-lagu daerah. Jadi itulah Lengkap Harga dan Jadwal Keberangkatan Kapal Menuju Pulau Samosir

Referensi: https://www.borukaro.com

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Lengkap, Harga dan Jadwal Keberangkatan Kapal Menuju Pulau Samosir"

Post a Comment