Pantai Pangkodian Meat Balige Hamparan Pasir Putih Tersembunyi di Danau Toba

Danau Toba, khususnya di Kabupaten Tobasa sangat terkenal dengan hamparan pantai yang indah di sekelilingnya. Tak salah pemerintah mencanangkan danau kebanggaan orang Batak ini sebagai salah satu destinasi wisata dunia.

pantai pangkodian yang berbentuk melengkung saya ambil dari bukit seribu pohon.
Salah satu destinasi wisata yang sangat menarik perhatian saya sendiri adalah Pantai Pangkodian, yang saya kunjungi akhir maret 2018 kemarin.

Pantai pasir putih berbentuk setengah bundaran ini berada di Desa Lintong Nihuta, Kecamatan Tampahan, Tobasa, sekira 20 menit dari kota Balige. 

Untuk tiba di lokasi ini, pengunjung akan melewati perbukitan dengan kemiringan hampir 50 derajat. Tapi nggak perlu khawatir, jalan munuju lokasi ini sudah aspal dengan lebar sekira 3 meter. sangat bisa dikatakan lumayan untuk dilewati menggunakan kendaraan.

Walau akses jalan dan fasilitas umum seperi toilet sudah tersedia, lokasi wisata ini sebenarnya relatif masih sepi dari pengunjung. Barangkali keindahan pantai ini kurang dipromosikan.  padahal akses bisa dikatakan sangat baik dan sdangat dekat dengan jalan lintas utama.

Setiba di lokasi, pengunjung akan disuguhi pemandangan hamparan Danau Toba yang sangat indah dan barisan bukit yang hijau. Hamparan pasir putih bisa menjadi tempat bermain dan bersantai. Di lokasi ini hanya ada 2 pondok yang tidak berpenghuni. Jadi pengunjung jangan berharap bisa membeli jajanan. 

Tidak seperti di tempat lain yang bahkan menyediakan jasa spead boat untuk mengintari danau,  lokasi ini masih benar-benar sepi. Jangan heran jika saat berkunjung, kalian hanya akan ditemani suara riuh ombak dan tamparan angin.

terlihat beberapa orang sedang berenang dengan warna danau yang indah

perbukitan diantara pantai pangkodian

saya sendiri sedikit bingung mengapa pantai seindah dan sebaik ini tidak seramai beberapa pantai di kawasan danau toba seperti pasir putih parbaba, pantai lumban bulbul dan sebagainya. padahal menurut sata pribadi ini adalah salah satu spot pantai di danau toba yang memiliki keunikan dan daya tarik yang lebih dibandikan dengan pantai lain. terletak diantara 2 bukit indah yaitu bukit tarabunga balige dan seribu pohon balige. pasir putihnya juga sangat bagus. dam salah satu nilai lebihnya menurut saya adalah banyak pepohonan rindang diantara pantai tersebut. sangat nyaman untuk bersantai tentunya.

ini adalah pantai yang sangat saya rekomendasikan untuk teman-teman yang ingin menikmati pantai di danau toba. atau yang ingin menikmati pantai yang masih jarang dikunjungi wisatawan atau dengan kata lain pantai yang masih sepi pengunjung.

tetapi bagi teman-teman yang ingin mengabadikan foto keindahan pantai tersebut ada dua bukit yang sangat cocok untuk mengambilnya. yaitu bukit tarabunga balige yaitu disebelah kanan pantai tersebut. atau disebelah kirinya ada bukit seribu pohon yang tidak kalah indahnya. atau bahkan jika teman-teman punya waktu yang cukup, boleh berkunjung ke desa wisata meat yang sangat dekat dengan pantai pangkodian.
sebuah bukit di sebelah pantai pangkodian yang mirim dengan sipolha atau yang sangat hits sekarang yaitu paropo

note:
jika teman-teman ingin mengabadikan foto pantai tersebut atau hanya ingin sekedar berfoto disarankan datang pada jam siang karena posisi matahari akan tepat diatas dan tidak menghalangi pandangan ke pantai tersebut jika anda dari bukit tarabunga atau dari seribu pohon.

sekedar mengingatkan buat teman-teman yang berencana berkunjung ke pantai pangkodian, sangat saya sarankan untuk membawa pulang apapun yang termasuk sampah yang kita bawa. baik bungkus permen atau sebagainya.

Salam

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Pantai Pangkodian Meat Balige Hamparan Pasir Putih Tersembunyi di Danau Toba"