7 Objek Wisata yang ada di Kawasan Danau Toba dan Samosir


Berbicara tentang Danau Toba dan Pulau Samosir tentunya tidak bisa dipisahkan dari objek wisata. karena Danau Toba dan Samosir sudah sangat dikenal sebagai tempat tujuan wisata orang banyak dihari libur bahkan hari biasa juga. saat ini danau toba sudah dijadikan salah satu dari sepuluh pengembangan objek wisata di indonesia. Berikut saya rangkum beberapa objek wisata unggulan di Samosir dan Danau Toba.

1. Air Terjun Efrata Samosir

Pulau Samosir sangat terkenal dengan wisata Danau Toba, selain keindahan danau terbesar di Asia ini ada juga wisata air terjun Efrata yang tidak boleh dilewatkan khususnya bagi anda pecinta wisata alam. Untuk menuju  hanya memerlukan waktu 15 menit dari Menara Tele, tempat melihat keindahan danau dari atas menara. Sayang sekali jika tidak singgah sejenak untuk mandi air dingin yang turun langsung dari bukit tertinggi di sana.

Air Terjun Efrata Samosir
Air Terjun Efrata
Air Terjun Efrata merupakan salah satu objek wisata yang ada di Samosir. Air terjun Ini memiliki daya tarik karena keberadaannya yang tidak jauh dari pasar. Hanya cukup turun tangga 10 menit, wisatawan sudah bisa melihat keindahan air terjunnya yang deras dan memiliki tebing yang indah seperti dipahat.

Air Terjun Efrata berada di Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian. Berjarak 20 km lebih dari pusat kota Kabupaten Samosir. Tidak terlalu banyak wisatawan kemari, meskipun pada musim liburan, mungkin karena jaraknya cukup jauh dari objek wisata yang familiar dan cukup terkenal di Samosir yakni Danau Toba. Tapi, untuk para anak muda yang suka foto2 mungkin jarak itu tak seberapa hahaha. apalagi kalau ngajak wanitanya masing-masing hahahaha tentu akan mempunyai kesan tersendiri yah.


2. Air Terjun Binangalom

Air Terjun ini disebut Binangalom karena airnya berasal dari desa Binangalom Kecamatan Lumban Julu, Kota Parapat, Sumatera Utara. Kata Binangalom berasal dari nama sebuah sungai, yaitu Lum. Lum atau Lom dalam bahasa Batak Toba dapat diartikan sebagai air penyejuk hati. Dari sekian banyak air terjun yang ada di Indonesia air terjun ini tergolong unik karena airnya mengalir langsung jatuh ke Danau Toba. Untuk menuju air terjun ini bisa dicapai melalui Desa Gopgopan dengan menyewa kapal motor dan membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

Air Terjun Binangalom
Air Terjun Binangalom
Air Terjun Binangalom Parapat Danau Toba. Air terjun ini dulu sempat Booming beberapa waktu hahaha. tapi hanya sesaat. tetapi sekarang, Air terjun ini dikatakan hampir terlupakan padahal dulu menjadi tujuan wisata favorit di Kota Parapat selain Batu Gantung yang sudah lebih dulu terkenal. Karena krisis ekonomi membawa perubahan orientasi wisatawan. Sewa kapal dianggap mahal oleh wisatawan lokal sehingga air terjun ini hanya diminati oleh wisatawan mancanegara.

Uang yang harus dikeluarkan untuk menyewa kapal adalah Rp 500.000,- sampai Rp 600.000,-. Supaya menghemat biaya teman-teman sebaiknya menyewa kapalnya rombongan saja. Aktivitas yang bisa dilakukan oleh wisatawan yakni berenang sambil menikmati burung bangau yang berterbangan di sekitar tebing dekat air terjun untuk mencari ikan pora-pora yang berloncatan. Akan tetapi, wisatawan tidak boleh berenang terlalu dekat dengan air terjun dikarenakan arusnya cukup deras. Bagi yang sudah puas menikmati air terjun ini silahkan dilanjutkan dengan berkeliling di Danau Toba.

Bagaimana teman2 apakah sudah siap berangkat? Daripada penasaran dan kebawa mimpi indahnya Air Terjun Binangalom sekaligus Danau Toba mendingan siapin ongkos buat berangkat deh ajak teman-teman yang lain biar rame sekalian biar lebih hemat.

Kenapa saya memasukkan objek wisata ini ke dalam daftar? karena menurut saya ini masih sangat bisa di akses dari samosir. dan pihgak dinas pariwisata juga sering membuka wisata kapal wisata menuju objek wisata binangalom ini.


3. Menara Pandang Tele Samosir

Menara pandang tele samosir sumatera utara. Menikmati pemandangan alam Pulau Samosir lengkap dengan Danau Toba memang bisa kita lakukan dari berbagai sudut pandang yang ada dari sekitar danau toba, ada banyak spot wisata disekitar danau terbesar di asia ini yang menyuguhkan pemandangan yang sangat indah, dan salah satu pemandangan yang sangat indah bisa kita nikmati dari Menara Pandang Tele.

Menara Pandang Tele Samosir
Menara Pandang Tele
Jalan Tele merupakan satu-satunya jalan darat yang bisa digunakan sebagai akses masuk ke Pulau Samosir, dan jalur ini akan kita lewati jika ingin masuk ke Pulau Samosir apabila kita datang dari Medan atau daerah lain melalui Kabupaten Karo, Dairi dan Humbang Hasundutan. Menara Pandang Tele ini dibangun di sisi jalan Tele – Samosir (jalan yang menghubungkan antara Bukit Barisan dengan Pulau Samosir) yang letaknya dilereng bukit sehingga spot ini benar-benar menyajikan keindahan Pulau Samosir dan Danau Toba dan juga keindahan Pusuk Buhit (Sebuah Bukit yang dipercaya sebagai tempat pertama kali nenek moyang orang Batak).

Menara pandang tele samosir sumatera utara ini dapat dijangkau dari Simpang Tele (Jika dari Medan menuju Samosir melalui Sidikalang, Dairi) hanya sekitar 10 menit dan jika kita dari Samosir hanya dengan jarak tempuh tidak lebih dari 20 menit kita akan sampai pada Menara pandang tele ini dan sebuah pemandangan bagus akan terpampang didepan kita, bersantai sambil menikmati indahnya panorama alam danau toba.

Sesampai di Menara pandang tele ini, sebuah pemandangan yang indah akan tersuguh di depan kita, sejauh mata memandang terlihat panorama alam yang sangat manakjubkan. Dari sini terlihat perbukitan yang mengelilingi danau toba, pulau samosir yang berada tepat di tengah danau toba, terlihat persawahan mengikuti kontur perbukitan, air danau yang biru dan ah… memang pemadangannya sangatlah indah.

Jika anda termasuk orang yang suka dengan fotography, spot ini juga sangat bagus dijadikan untuk tempat hunting foto, karena dari Menara Pandang Tele ini kita bisa mengambil foto Pulau Samosir dan Danau toba bahkan Pusuk Buhit sekali jepret. Hunting foto-foto dari menara pandang tele ini dijamin akan sangat memuaskan, mengambil gambar-gambar keindahan Danau Toba dari atas Menara ini bukan hanya hayalan saja, tergantung kepintaran anda mengambil gambar dari angle yang tepat dan tentunya dengan dukungan cuaca yang tepat sesuai keinginan anda, hunting disini juga bisa memberikan inspirasi tersendiri.

Dari menara pandang tele, ini bukan hanya pemandangan Danau Toba saja yang terlihat namun pemandangan perkampungan dengan sawah-sawahnya yang menghijau/menguning (tergantung agan berkunjungnya pada waktu sawahnya menghijau atau menguning) juga bisa menyejukkan mata dan memberikan inspirasi buat anda. Setelah dari tempat ini anda bisa langsung berkunjung ke Air terjun efrata yang jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat ini.


4. Air Terjun Simangande Samosir

Air Terjun Simangande. Bukan cuma Danau Toba yang bisa didatangi saat liburan ke Pulau Samosir, Sumatera Utara. Tapi ada juga air terjun yang cantik dilihat dari kejauhan. Air terjun ini berbentuk seperti hati. Unik banget!

Berbentuk Hati
Siapa yang tidak kenal dengan pulau samosir. pulau yang tidak hanya menyajikan danau toba yang luas, namun juga budaya lokal dan penduduk lokal yang sangat ramah. termasuk ada banyak air terjun yang indah disini.

Salah satunya ada air terjun berbentuk hati yaitu air terjun Simangande. Air terjun ini letaknya di Desa Garoga, Pulau Samosir. Kita dapat melihat air terjun ini dari atas danau saat kita hendak menuju pulau ini. atau kalau sedang menuju simanindo tepat sebelah kiri dari kejauhan. Dari Pelabuhan Parapat kita naik kapal fery dengan tarif Rp 5.000. Setelah sampai di Pelabuhan Tomok kita dapat naik ojek ke Desa Garoga seharga Rp 15.000 atau dapat juga berjalan kaki ke desa yang berjarak lebih kurang 1,5 km. Atau mungkin yang mempunya sepeda motor sendiri gak usah pakai ojek hahah ajak saja teman-teman yang lain supaya lebih seru.

Nah dari desa ini kita bisa bertanya kepada penduduk lokal jalan menuju ke air terjun. Atau, jika Anda membutuhkan pemandu, bisa mencari Bapak Gindo Rumahorbo sebagai tetua di desa tersebut.
Untuk mencapai air terjun ini tidak terlalu sulit. Hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 1 jam dengan berjalan kaki. Air terjun ini memiliki 2 tingkatan yang besar. Di sekitar air terjun ini terkenal dengan bayak batu batu alam. Saat menikmati kesegaran air terjun yang memiliki tinggi 500 meter ini, Anda juga disuguhi pemandangan menarik.

Karena selain pemandangan air terjun, Anda juga dapat menikmati pemandangan Danau Toba dari tempat yang tinggi dan menunggu matahati pagi di sini. Asyik kan!


5. Air Terjun Sitapigagan Samosir

Hal yang menarik dari Samosir saat ini adalah tentang wisata alam yang masih sangat jarang diketahui oleh orang lain, khususnya Air Terjun. yaps, Samosir memiliki beberapa Air terjun yang sangat indah, salah satunya Air Terjun Sitapigagan yang baru saja saya kunjungi beberapa waktu lalu. Air terjun ini berada di Desa Bonan Dolok Kecamatan Sianjur Mulamula yang berjarak sekitar beberapa km dari Pangururan, Samosir.

Air Terjun Sitapigagan Samosir
Air Terjun Sitapigagan Bonan Dolok
Untuk menuju lokasi air terjun Sitapigagan bisa dilalui dengan 2 rute, yaitu via kapal (pelabuhan pangururan - bonan dolok) yang memakan waktu sekitar 1 jam dengan biaya 300 ribu rupiah dan yang kedua via jalur darat yang memakan waktu sekitar 1 jam lebih perjalanan. itupun kalau kita sudah terbiasa dengan akses jalan yang belum layak, bahkan masih harus melewati jalan dengan bebatuan yang sangat besar. Dan saya kebetulan mengambil jalur darat dengan menggunakan sepeda motor. dikarenakan belum pernah kesana. terlebih sedikit menyukai tantangan untuk mengeksplore sendiri.

Untuk panduan jalan via jalur darat menuju lokasi air terjun, patokan posisi kita dimulai dari simpang Pangururan. Jika kearah kiri adalah arah ke Tele, Efrata atau Bukit Holbung. Maka kita berbelok kearah kanan, arah ke Hotspring, Tulas atau Bonan Dolok. Jalannya beraspal sangat baik. Hingga saya tiba di Plank penunjuk arah Tulas, Bonan Dolok berbelok kearah kanan. Lalu saya ikuti jalan tersebut hingga terdapat sebuah simpang bangunan SD Negeri disebelah kiri jalan. Selanjutnya berbelok kearah kiri menuju Desa Bonan Dolok. Mulai dari simpang ini, jalan yang akan saya lalui kurang baik. Jalannya terdiri dari batu cadas dan kerikil. Tetapi justru pemandangan dari jalan ini mulai sangat indah. Disisi kanan sepanjang jalan, kita akan melihat view sebuah pulau ditengah Danau Toba, nama pulau tersebut yaitu Pulau Tulas Alangkah baiknya anda berhenti sebentar untuk menikmati pemandangan ini serta berfoto disini.

Memasuki Desa Bonan Dolok, kita akan melihat pemandangan dengan suasana desa. Desa yang berada dikaki bukit dan pesisirnya danau toba, dihiasi oleh rumah-rumah adat dan hijaunya persawahan warga. Disisi kiri jalan akan dimanjakan keindahan pemandangan air terjun sedangkan disisi kanan jalan dihiasi birunya Danau Toba. Akses jalan didesa inipun sudah sangat baik berupa cor beton.

Memasuki Desa tersebut, ada sebuah jembatan sungai. Kita berbelok kearah kiri dimana air terjun terlihat. Ikuti jalan tersebut hingga berakhir disebuah pohon besar, parkirkan kendaraan kita disitu. Lalu berjalan kaki melewati alur sungai sekitar 10 menit lagi dan kitapun tiba di Air terjun Sitapigagan.

Air terjun Sitapigagan mempunyai keunikan tersendiri. Airnya mengalir melalui tebing bukit dengan kemiringan sekitar 60° dan terlihat seperti perosotan wahana air. Air Sitapigagan ini sehari-harinya berwarna agak merah tua dan banyak yang beranggapan seperti kotor. Namun apabila air tersebut dimasukkan kedalam suatu wadah misalnya botol air mineral, warna airnya tetap bening.
tepat disebelahkan berjarak sekitar 50 meter, ada satu buah air terjun lagi yang sekilas dilihat dari jauh tidak kalah indah. air terjun itu dinamakan Air Terjun Aek Sibottar. namun karena saya sudah kesorean tiba disana, saya memutuskan untuk tidak pergi ke air terjun tersebut. karena tentunya akan memakan waktu lagi.

SARAN:
Jika ingin ketempat ini, usahakan berangkatlah sedikit lebih pagi supaya tidak tiba kesorean. supaya sempat menikmati bahkan mandi mandi. dan usakan pergi bersama teman-temannya. dan yang terpenting, jauhi berbicara yang kurang sopan. karena kita adalah tamu.

6. Pulau Tulas Samosir

View bukit barisan yang membentang di sekitar Danau Toba menjadi pemandangan yang sering kali membuat takjub. Pulau Samosir merupakan sudut terbaik, pulau surga nan indah dengan berbagai titik melihat keindahan Danau Toba.

View Pulau Tulas dari Bukit Burung
Bagi anda yang suka tantangan dan ingin menjelajahi perbukitan sekitar Danau Toba, anda bisa menyambangi bukit di Pangururan yang berdekatan dengan pulau Tulas berbentuk bukit pula di tengah Danau Toba. Bisa dibilang tempat ini baru terekspose di media social khususnya pengguna instagram.

Dari segi ukuran, Pulau Tulas lebih kecil dari Pulau Samosir. Pulau ini memiliki keindahan yang belum terjamah. Tidak ada penduduk tinggal di sini. Di samping itu, UNESCO telah menganggapnya sebagai tempat liburan geopark. Anda bisa sampai di pulau menggunakan speedboat. Begitu sampai di pulau ini, Anda mungkin melihat pemandangan hijau tak terbatas. Ini semua tentang alam! Pulau ini memiliki atmosfir yang memukau. Meski berukuran kecil, itu menjadi tempat yang bagus untuk sebuah petualangan. Ini juga membantu Anda bergaul dengan baik dengan alam.

Seperti disebutkan sebelumnya, Pulau Tulas tidak berpenghuni. Anda tidak akan menemukan banyak pengunjung disini. Di sisi lain, Anda akan menemukan rerumputan dan tanaman lainnya. Tempat ini mirip dengan Selandia Baru. Selain tanaman, ada beberapa hewan yang hidup di pulau ini. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah menjelajahi pulau. Anda bahkan bisa berkeliling dengan mudah. Jika Anda terlalu lelah untuk berjalan, Anda bisa duduk di rumput sambil menikmati keindahan Danau Toba yang tak ada habisnya.

Baca Juga:

Pulau ini sangat mirip dengan pulau kecil yang ada di sipolha tanjung unta. saat orang melihat foto ini mungkin akan mengira bahwa ini adal;ah disipolha. karena memang pulau hole yang ada di sipolha sudah sejak awal lebih dikenal wisatawan khususnya yang ada di sumut. Untuk mengunjungi Pulau Tulas, Anda perlu menuju ke Kabupaten Samosir. jika adna dari Dari Medan, tidak butuh banyak waktu. Lebih baik mencari mobil sewaan yang bagus. Dengan cara ini, perjalanan Anda bisa lebih nyaman dan cepat. Angkutan umum bukanlah ide yang buruk tetapi biasanya memakan waktu lebih lama dari mobil pribadi atau sewaan. atau jika anda lebih menyukai perjalanan penuh angin hahahaha seperti naik sepeda motor tentunya bisa saja. sama sperti saya yang lebiih suka menggunakan sepeda motor jika menjelajah samosir tentunya keuntungan yang bisa didapat jika menggunakan motor adalah emamkan waktu yang relatif lebih singkat. dan tentunya bisa lebih leluasa kesana kemari saat ada di pulau samosir. Begitu sampai di samosir Anda bisa mulai mencari akomodasi di tuktuk atau bahkan yang dekat dengan pulau tulas di pangururan. atau mungkin anda akan lebih memilih menggunakan tenda seperti anak-anak komunitas instagram zaman sekarang. selanjutnya anda hanya tinggal mencari pulau tersebuh dari pangururan naik keatas arah pemandian air panas. atau jika bingung masyarakat sekitar akan dengan senang hati memberi petunjuk.

7. Bukit Holbung Samosir

Bukit Holbung. Pernah mendengar Bukit Holbung ? Ituloh, Bukit Cantik yang sering disebut Bukit Teletubies yang ada di kabupaten Samosir Sumatera Utara. yoaay, Sumatera Utara memang tak perlu diragukan lagi keindahannya. mulai dari danau toba, pulau samosir, bukut bukit indah, dan banyak air terjun indah tentunya. Terlebih Danau Toba yang sudah mendunia. Dimana semua orang selalu dibuat takjub saat menelusuri pesona Danau Toba yang bisa kita nikmati dari berbagai sisi. Bukit Holbung sendiri berada di Desa Janji Marhatan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Bukit yang masih banyak belum diketahui eksistensinya oleh khalayak indonesia ini memiliki karakteristik berupa hamparan rumput yang hijau berundak-undak rapih. Mirip seperti bukit teletubies yang ada di televisi. Diatasnya terukir jalur setapak yang bisa menarikmu untuk berlari-lari sepanjang bukit. Lengkap dengan latar belakang yang di dominasi oleh pesona si Danau Toba. Sebuah paronama yang begitu sulit untuk kita temukan.

Bukit Holbung Harian Boho Samosir
Untuk menuju bukit ini kamu bisa menempuh melalui dua rute ke Desa Janji Marhatan. Yaitu Melalui Medan-Kabanjahe-Tehe atau bisa juga melalui Medan-Siantar-Parapat-Tomok (Samosir). Perjalanan dari Desa Janji Marhatan ke Bukit Holbung juga sangat keren dan indah tiada tara. Sepanjang jalan kamu akan disuguhi udara sejuk dan alami yang bisa membuatmu bernafas dengan damai. satu hal yang paling menyorot, desa ini juga sangat berbeda dengan desa di Tanah Batak lainnya, karena disini kamu akan melihat banyak bangunan Masjid yang berdiri kokoh. tentunya akan sangat ramah untuk teman teman yang berAgama Muslim. tidak khawaitr untuk tempat sholat dll.

lalu, tunggu apalagi. Ayo segera langkahkan kakimu dan siapkan ranselmu untuk menuju kesini. Kamu juga bisa loh sambil bercamping ceria di Bukit Holbung untuk bisa mendapatkan panorama sunset dan sunrise sekaligus. Jadi, tunggu apalagi. Tetapi Satu hal yang paling kita tekankan adalah kewajiban kita untuk membawa turun kembali sampah yang kita gunakan. jika anda termasuk teman-teman yang menyukai camping, mohon untuk menyalakan api unggun di tempat yang disediakan demi menjaga ekosistem rumput di bukit tsb. kan gak lucu kalau beberapa tahun lagi rumputnya udah mati semua.

Mungkin itu beberapa objek wisata favorit saya yang ada di kawasan Danau Toba Samosir.


Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "7 Objek Wisata yang ada di Kawasan Danau Toba dan Samosir"