Pesona Air Terjun Sitapigagan Bonan Dolok Samosir, Air Terjun Terindah di Samosir

Air Terjun Sitapigagan Bonan Dolok Samosir. Pernahkah anda mendengan objek wisata yang satu ini? sebelum membahas obejk wisata air terjun sitapigagan ini terlebih dahulu kita bahas sedikit seputar danau toba. 

Danau Toba adalah sebuah tempat yang akan selalu dirindukan khususnya bagi perantau. danau toba seakan punya daya tarik yang tinggi untuk para menikmat wisata ditanah air dan mancanegara. terdapat banyak keindaahan alam yang sangat luarbiasa. mulai dari setiap sudut danau toba yang indah dilhat dari semua sudut, terlebih ditambah adanya banyak air terjun yang ada di sekitaran perbukitan danau toba. Yang tak kalah kalah menarik adalah perbukitan yang indah dipenuhi savana menggambarkan kita bagaimana sumba versi danau toba.
air terjun sitapigagan bonan dolok samosir
air terjun sitapigagan bonan dolok samosir yang bertingkat tingkat
Tak lupa juga dengan keberadaan Pulau Samosir yang selalu disebut dengan Negeri Indah Kepingan Surga dan sudah menjadi sebutan resmi oleh pemda samosir. Ada banyak tempat wisata yang ada di Pulau Samosir, beberapa sudah dipublikasikan oleh Dinas Pariwisata dan sebagian besar belum dijadikan objek wisata secara resmi akibat beberapa kendala seperti akses jalan yang belum baik dan pengelolaan yang belum merata.

Hal yang menarik dari Samosir saat ini adalah tentang wisata alam yang masih sangat jarang diketahui oleh orang lain, khususnya Air Terjun. yaps, Samosir memiliki beberapa Air terjun yang sangat indah, salah satunya Air Terjun Sitapigagan yang baru saja saya kunjungi beberapa waktu lalu. Yang saya lihat Air terjun ini bertingkat-tingkat sampai beberapa tingkat. Air terjun ini berada di Desa Bonan Dolok Kecamatan Sianjur Mulamula yang berjarak sekitar beberapa km dari Pangururan, Samosir.

air terjun sitapigagan bonan dolok samosir
air terjun sitapigagan bonan dolok samosir
Untuk menuju lokasi air terjun Sitapigagan bisa dilalui dengan 2 rute, yaitu via kapal (pelabuhan pangururan - bonan dolok) yang memakan waktu sekitar 1 jam dengan biaya 300 ribu rupiah. biaya yang terbilang lumayan mahal memang. namun, mengingat pemandangan yang kita dapat dari jalur danau ini sangat luar biasa indah, tentunya bisa dikatakan cukup setimpal. bahkan jika pergi bersama beberapa teman atau rombongan, itu akan sangat terbilang murah. Yang kedua via jalur darat yang memakan waktu sekitar 1 jam lebih perjalanan. itupun kalau kita sudah terbiasa dengan akses jalan yang belum layak, bahkan masih harus melewati jalan dengan bebatuan yang sangat besar. Dan saya kebetulan mengambil jalur darat dengan menggunakan sepeda motor. dikarenakan belum pernah kesana. terlebih sedikit menyukai tantangan untuk mengeksplore sendiri.

RUTE: 

Untuk panduan jalan via jalur darat menuju lokasi air terjun, patokan posisi kita dimulai dari simpang Pangururan. Jika kearah kiri adalah arah ke Tele, Efrata atau Bukit Holbung. Maka kita berbelok kearah kanan, arah ke Hotspring, Tulas atau Bonan Dolok. Jalannya beraspal sangat baik. Hingga saya tiba di Plank penunjuk arah Tulas, Bonan Dolok berbelok kearah kanan.
Air terjun sitapigagan bonan dolok samosir
peta Desa bonan dolok samosir
Lalu saya ikuti jalan tersebut hingga terdapat sebuah simpang bangunan SD Negeri disebelah kiri jalan. Selanjutnya berbelok kearah kiri menuju Desa Bonan Dolok.

Mulai dari simpang ini, jalan yang akan saya lalui kurang baik. Jalannya terdiri dari batu cadas dan kerikil. Tetapi justru pemandangan dari jalan ini mulai sangat indah. Disisi kanan sepanjang jalan, kita akan melihat view sebuah pulau ditengah Danau Toba, nama pulau tersebut yaitu Pulau Tulas Alangkah baiknya anda berhenti sebentar untuk menikmati pemandangan ini serta berfoto disini.

Memasuki Desa Bonan Dolok, kita akan melihat pemandangan dengan suasana desa. Desa yang berada dikaki bukit dan pesisirnya danau toba, dihiasi oleh rumah-rumah adat dan hijaunya persawahan warga. Disisi kiri jalan akan dimanjakan keindahan pemandangan air terjun sedangkan disisi kanan jalan dihiasi birunya Danau Toba. Akses jalan didesa inipun sudah sangat baik berupa cor beton.

Memasuki Desa tersebut, ada sebuah jembatan sungai. Kita berbelok kearah kiri dimana air terjun terlihat. Ikuti jalan tersebut hingga berakhir disebuah pohon besar, parkirkan kendaraan kita disitu. Lalu berjalan kaki melewati alur sungai sekitar 10 menit lagi dan kitapun tiba di Air terjun Sitapigagan.

Baca juga:

Air terjun Sitapigagan mempunyai keunikan tersendiri. Airnya mengalir melalui tebing bukit dengan kemiringan sekitar 60° dan terlihat seperti perosotan wahana air. Air Sitapigagan ini sehari-harinya berwarna agak merah tua dan banyak yang beranggapan seperti kotor. Namun apabila air tersebut dimasukkan kedalam suatu wadah misalnya botol air mineral, warna airnya tetap bening.

Tepat disebelahkan berjarak sekitar 50 meter, ada satu buah air terjun lagi yang sekilas dilihat dari jauh tidak kalah indah. air terjun itu dinamakan Air Terjun Aek Sibottar. namun karena saya sudah kesorean tiba disana, saya memutuskan untuk tidak pergi ke air terjun tersebut. karena tentunya akan memakan waktu lagi. Yang pasti ada sangat banyak air terjun disekitaran Sianjur mula-mula ini yang belum terekspos ke media karena memang akses yang masih sulit. 

SARAN:

Jika ingin ketempat ini, usahakan berangkatlah sedikit lebih pagi supaya tidak tiba kesorean. supaya sempat menikmati bahkan mandi mandi. dan usakan pergi bersama teman-temannya. dan yang terpenting, jauhi berbicara yang kurang sopan. karena kita adalah tamu. Tentunya, bawa kamera terbaikmu untuk mengabadikan setiap momen dengan orang-orang terdekat dan juga mengabadikan pemandangan Air Terjun Sitapigagan Bonan Dolok Samosir ini. jika tidak tahan dingin, kalian bisa memilih berenang di Danau Toba yang airnya tidak sedingin Air Terjun Sitapigagan.

Tapi ingat, jika berkunjung ke Desa Bonan Dolok ini, pengunjung harus menghargai kearifan lokal dan adat istiadat setempat. Misalnya, berlaku sopan, dan yang terpenting jangan buang sampah sembarangan.


Postingan terkait:

9 Tanggapan untuk "Pesona Air Terjun Sitapigagan Bonan Dolok Samosir, Air Terjun Terindah di Samosir"