Panorama Danau Toba dari Gunung Simarbalatuk Parapat

Danau Toba adalah sebuah danau tekto-vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. yang saat ini menjadi salah satu objek wisata yang diminati di indonesia khususnya di sumatera utara.



Bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke danau toba ataupun yang akan berkunjung khususnya bagi yang memiliki hoby mendaki, mungkin patut dipertimbangkan untuk mengunjungi sebuah gunung yang ada di kota Parapat yang mungkin lebih tepatnya kita bisa bilang bukit. nama gunung tersebut adalah gunung simarbalatuk, dalam bahasa batak biasa disebut dengan dolok simarbalatuk. dipuncak gunung tersebut memiliki sebuah keistimewaan yang jarang di temui di tempat lain. panorama yang sangat indah dan menakjubkan. bagi kita yang senang melihat dan menikmati sunrise dan sunset, tempat ini mungkin bisa dimasukkan ke dalam daftar kunjungan berikutnya. karena dipastikan akan mendapatkan suguhan senja yang begitu indah

.
Selain menikmati sunset dan sunrise di puncak gunung simarbalatuk tersebut,juga dihadapkan dengan pemandangan bukit barisan yang berbaris disepanjang pulau sumatera. kekayaan flora dan fauna yang dimiliki juga tidak kalah menakjubkan. saat berada di puncak gunung simarbalatuk maka pemandangan danau toba yang luas  dan pulau Samosir akan tampak dengan jelas sebagai upah atas perjalanan mendaki yang melelahkan. sudah banyak yang sudah pernah mengunjungi gunung simarbalatuk tersebut diantaranya wisatawan dari benua eropa maupun wisatawan dari amerika dan lokal dan umumnya puas dengan hasil pemandangan alam dari puncak gunung tersebut. menurut saya pribadi tempat ini juga sangat cocok untuk kita yang tidak terlalu suka dengan objek wisata yang sudah terlalu ramai. khususnya kita yang sedang mencari ispirasi dan kedamaian.

Gunung simarbalatuk yang berada tepat diatas kota Parapat tersebut memiliki ketinggian kira-kira 1541 MDPL atau 5055 ft jadi tidak terlalu membutuhkan waktu yang lama untuk mendaki sampai puncaknya. tepat dikaki gunung simarbalatuk tersebut ada dua desa yaitu desa bangun dolok dan desa buttu malasang. kalau dari desa ini butuh perjalanan dengan menggunakan jalan kaki kira-kira 3-4 jam baru dapat tiba di puncak gunung tersebut. angkutan umum hanya dapat digunakan sampai di desa bangun dolok saja. atau jika mungkin lebih baik kalau kita pengunjung lokal, sebaknya membawa sepeda motor atau kalau kata orang setempat namanya kreta. hehehe

bagi pengunjung yang berencana ingin mendaki gunung simarbalatuk, ada baiknya sebelum berangkat harus memiliki persiapan fisik yang baik dan akan sangat baik kalau berangkat secara berkelompok. tentunya jangan lupa membawa air putih untuk persiapan atau bagi yang niat bersantai diatas, sebaiknya bawa beberapa snack untuk dimakan diatas hahaha namun, tentunya selalu ingat untuk membawa kembali sampah kita kembali saat turun lalu buang di tempat yang sudah disediakan.

bagi kita pemburu foto, tentunya siapkan kamera kita atau mungkin setidaknya sisakan baterai handphone kita untuk sedikit berselfie ria diatas hahaha. karena sayang kita moment yang indah, tidak kita abadikan.

bagi anda wisatawan luar negeri yang memiliki tour guide dapat meminta mereka untuk mengantarkan ke lokasi ini karena umumnya tour guide lokal mengerti jalur yang digunakan untuk mencapai puncak gunung tersebut. untuk mencapai desa bangun dolok dapat menggunakan mobil ataupun dengan jalan kaki. hanya saja kalau berjalan kaki dari parapat menuju desa bangun dolok cukup terasa lama ,akan tetapi bagi yang berjalan kaki akan dapat menikmati perjalanan ke bangun dolok dan dapat merasakan segarnya angin gunung dan dapat memandang kota parapat dari sudut yang berbeda yaitu melihat rumah diperbukitan yang tersusun rapi,melihat danau toba dan pulau samosir, melihat hutan pinus, melihat perkebunan warga setempat.

mungkin itu sedikit penjelasan mengenai gunung/bukit simarbalatuk yang mungkin dapat menjadi tempat wisata kita selanjutnya. HORAS !!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Panorama Danau Toba dari Gunung Simarbalatuk Parapat"

Post a Comment