Pemandian Alam Aek Manik (Sidamanik) Simalungun Sumatera Utara

Pemandian Alam Aek Manik (Bah Damanik) Sumatera Utara - Sudah sering dengar dengan kata Sidamanik kan? saya yakin sudah pada tahu terutama anda yang tinggal di Sumatera Utara. Sidamanik adalah sebuah kecamatan yang ada di kabupaten Simalungun. Sidamanik terkenal dengan perkebunan teh jenis hitam yang terbesar kedua di Indonesia. Biasanya para wisatawan datang ke Sidamanik untuk menikmati udara yang sejuk, pemandangan yang indah di tengan kebun teh. Selain menikmati pemandangan di kebun teh, di Sidamanik juga terdapat Wisata Alam lain yaitu berupa Air Terjuh Bah Biak yang terletak di tengah Perkebunan teh Sidamanik.


Ada satu lagi Wisata Alam yang ada di Kecamatan Sidamanik ini yaitu sebuah Pemandian Alam Aek Manik atau nama lainnya yaitu Pemandian Alam Bah Damanik. Jum'at, 18 April 2014, saya dari Medan Wisata dan teman saya Abdul Karim, Telah melakukan perjalanan menuju ke Aek Manik.Kini, Rute yang dilalui yaitu dari Medan - T.Morawa - L.Pakam - Perbaungan - Tebing Tinggi - Siantar - Sidamanik, dengan jarak tempuh sekitar 150 Km dengan waktu 4 jam menggunakan Sepeda Motor. Untuk menuju ke Aek Manik arah perjalanannya sama saja saat anda berwisata ke Kebun Teh Sidamanik. Jadi saat anda sudah sampai di pusat kota siantar, selanjutnya anda mengambil rute ke arah Prapat.



Pada dahulu kala tempat ini adalah tempat pemandian para Raja Damanik dan para keluarganya. Jadi, sampai saat ini, Pemandian Alam ini masih terjaga keaslian dan kelestariannya. Pemandian Alam ini saat ini dikelola oleh keturunan dari keluarga Raja Damanik. Makanya tempat ini dinamakan Bah Damanik. Arti Bah dan Aek yaitu artinya sungai dalam bahasa batak.

tidak ada pungutan uang masuk, hanya saja diharapkan dapat memberikan uang seikhlasnya untuk biaya perawatan dan kebersihan. Sebab Bah Damanik ini dirawat dan dibersihkan oleh sang pengelola dengan biaya sendiri.

Pemandian Alam Aek Manik atau Bah Damanik, tempatnya sangat indah dan keren.Mungkin jika dilihat tempat ini hanya sebatas sungai menyerupai kolam yang tidak begitu panjang dan Luas.  Pertama Air sungai ini berasal dari sebuah mata Air, dimana mata air tersebut begitu jernih dan bersih. tempat ini menyerupai sebuah kolam, karena air mengalir begitu sangat pelan, seperti bukan sungai biasanya. makanya jika dilihat dari kejauhan mirip sebuah kolam renang. Inilah yang menjadi Fenomena Alam yang sangat unik.

 Airnya berasal dari Sumber Mata Air, ada sebuah perusahaan Air Minum Mineral terkenal, yang ingin menarik air dari sini, untuk kebutuhan produksi. Namun, pengelola dan warga ikut menolak. Sebab mata Air ini juga dipakai dan dialirkan untuk Irigasi persawahan warga. Aek Manik atau Bah Damanik ini tempatnya sungguh asik, menarik dan keren. Masih terasa sangat asri. terbukti airnya begitu biru dan jernih, arinya dingin, banyak pepohonan dan menariknya lagi, jika beruntung anda akan menemukan segerombolan monyet yang melompat dari pohon satu ke pohon lain. Anda juga bisa melakukan camping dan barbeque di tempat ini.

Selain itu, disekitar Aek Manik ini, juga telah dibuat teduhan sederhana buat pengunjung, agar disaat hujan tidak kebasahan barang bawaannya. ada juga tempat duduk-duduk santai. Serta anda juga bisa melihat ukiran-ukiran gambar yang dibuat oleh pengelola Aek Manik ini. Kedepannnya tempat ini akan selalu dibenahi fasilitasnya kata sang pengelola. mulai dari kamar Mandi dan lainnya. karena saat ini masih belum ada kamar mandi memadai, hanya ada tempat berganti baju sederhana.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk ke Aek Manik atau Bah Damanik ini?

dekat pemandian Bah Damanik ini, ada satu spot yang menarik juga yang tidak boleh terlewatkan dan letaknya juga bersebalah loh,, Namanya Kolam Simatahuting yang juga berasal dari mata air. Demikianlah Artikel tentang Pemandian Alam Aek Manik / Bah Damanik Sumatera Utara, semoga bermanfaat dan menambah daftar jalan-jalan anda.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pemandian Alam Aek Manik (Sidamanik) Simalungun Sumatera Utara"

Post a Comment