Panorama Bukit Teletubbies di Desa Holbung Samosir Danau Toba

Panorama indahnya Bukit Teletubbies di Desa Holbung Samosir Danau Toba yang masih jarang orang ketahui.

Kali ini saya akan membahas salah satu tempat indah yang masih jarang orang lain tau bahkan beberapa orang sekitar danau toba masih jarang tau akan tempat ini. tempat  ini mulai populer pada tahun 2016 pertengahan saat anak-anak komunitas pecinta alam atau mungkin bisa disebut juga sebagai penikmat alam maupun para backpacker mulai datang ketempat ini dan tentunya tak ketinggalan untuk ambil beberapa foto yang akan diopload di sosial media kesayangan kita hehehe instagram contohnya dan masih banyak lagi.

panorama bukit teletubbies danau toba
Namanya Bukit hulbung kalau kata anak instagram, menurut saya nama ini kureang cocok. karena holbung artinya suatu tempat seperti lembah. yang artinya kurang cocok kalau di beri nama bukit lembah hahaha. namun kalau kata orang/penduduk setempat namanya bukit cinta. ah entahlah. mungkin karena tempatnya cocok kali ya untuk orang yang berpasang-pasangan untuk menikmati panorama danau toba.
menurut saya pribadi lebih cocok kalau kita namakan bukit teletubbies hahaha ya karena memang benar begitulah keindahannya. hamparan rumput hijau yang sangat indah. apalagi saat tepat pada waktu mekarnya. atau saat rumputnya subur tepat saat musim penghujan selesai.

pada pertengahan tahun 2016 tempat ini sangat hits hahaha banyak anak-anak komunitas instagram yang mulai rame-rame berkunjung ketempat ini. contohnya komunitas siantarbackpacker, soda adventure, visit sumut dll. serta banyak pula akun repost di instagram rame-rame merepost foto orang-orang yang berada ditempat ini. 

namun, melihat keindahannya memang seharusnya tempat ini sangat cocok dijadikan tempat camping untuk para backpacker, namun ada beberapa kesulitan jika harus ngecamp ditempat ini. yang pertama masalah angin yang mungkin sangat kencang pada saat malam karena angin akan l;angsung ke arah kita karena tidak ada pepohonan yang akan memperlambat laju angin. menurut saya, tempat ini sangat cocok untuk para penggila poto yang sedang mencari spot poto menarik dengan latar hamparan rumput hijau serta danau toba yang memang selalu kita banggakan.

"Rute

untuk rute penjalanan akan saya bahas disini.
jika anda memilih dari pelabuhan ajibata atau tigaraja kita akan bahas estimasi waktu dan biayanya.

jika anda dari siantar, medan, balige, porsea dll bahkan kota-kota diluar sumut tentunya saya sarankan melalui pelabuhan yang ada diparapat/tigaraja atau ajibata. dikarenakan akses yang lebih mudah. dan tentunya sebelum ketempat tujuan kita masih bisa berkunjung kebeberapa tempat indah lainnya. 
misalnya saja:


itu adalah beberapa tempat yang cocok buat dikunjungi sebelum menyebrang kesamosir.

kita coba bahas kalau kita menyebrang lewat pelabuhan ajibata. jika anda membawa sepeda motor, bersama dengan seorang teman, biaya ongkos kapal yang anda bayar cukup hanya dengan 25.000 rupiah kurang lebihnya. dengan waktu penyebrangan sekitar 45 menit untuk sampai di pelabuhan tomok.
tetapi jika tidak membawa sepeda motor, kita bisa saja sewa di tomok atau tuktuk dengan biaya sekitar 100.000 rupiah seharinya. cukuplah untuk jalan-jalan keliling atau kunjungi beberapa tempat bagus disamosir. 


setelah tiba dipelabuhan tomok, langsung saja bergerak lewat jalan utama, sebelah kanan saat keluar dari pelabuhan. ikuti saja jalan utamanya sekitar 5 menit perjalanan, sebelah kanan akan ada gerbang menuju tuktuk salah satu tempat favorit para tourist mancanegara. namun jika tujuan utama kita dalah desa holbung jalan saja terus sampai kita kita perjalanan 1,5 jam kita akan sampai di desa parbaba atau biasa disebut dengan pantai pasir putih parbaba. salah satu tempai mantai paling asik juga didaerah samosir. sebelum pantai lumban bulbul balige mulai meroket ke eksisannya hehehe.

setibanya di parbaba jalan terus sekitar 30 menit perjalanan tiba di pangururan. lalu belok sebelah kanan arah air hangat. setelah melewati jembatam pilih jalan sebelah kiri. karena kalau kekanan kita akan tiba di air hangat pangururan. 

setelah itu butuh waktu sekitar 15 menit perjalanan untuk sampai di simpang menuju lokasi. kalau sedikit bingung, kita bisa tanyakan penduduk sekitar rute munuju air terjun efrata. atau klik


setibanya disimpang, lalu turun kebawah, karena kalau lurus kita akan tiba di menara pandang tele yang tidak kalah indah juga. setelah tiba dibawah, kita boleh menanyakan penduduk sekitar.yang pasti kita harus selalu melalui jalan utamanya terus atau jalan besarnya. didesa itu kita bisa singgah di air terjun efrata.

nah sekitar 30 menit perjalanan dari efrata, kita akan sampai di bukit teletubbiesnya desa holbung tepat sebelah kiri. untuk sampai disana kita akan melewati aspal beton dan ada dua masjid. sempainya disana kita harus jalan kaki untuk sampai di bukitnya. setelah lelah mendaki, akan terbalaskan kok dengan indahnya pemandangan diatas sana. hamparan rumput hijau serta panorama danau toba yang kita ketahui selalu indah dari setiap sudutnya.




sesampainya diatas, tentunya jangan lupakan 1 hal hahaha yaitu mengabadikan setiap momen indah dalam setiap perjalanan kita. yang terakhir, seperti biasa jangan pernah tinggalkan sampah disetiap tempat kita berkunjung kalau bukan pada tempatnya. 

saran: jika ingin mengambil foto yang bagus dengan waktu cahaya yang cocok, disarankan berkungjung pada saat jam jam sore sekitar jam 3

semoga artikel mengenai bukit holbung samosir ini bermanfaat buat teman-teman.

Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "Panorama Bukit Teletubbies di Desa Holbung Samosir Danau Toba"

  1. perbanyak publish destinasi² yangnada di parapat sama di samisir ding min.

    ReplyDelete
  2. wah keren banget gan, pemandangannya bagus banget

    ReplyDelete
  3. Nice gan. Saggat indah pemandanganya.

    ReplyDelete
  4. sekali2 rute perjalanan kapal dong min

    ReplyDelete