Panorama Danau Toba dari Bukit Sipolha dan Pulau Hole

Panorama Danau Toba dari Bukit Sipolha

Jumat siang itu aku berkumpul di parapat bersama ketiga temanku. berbeda dari 2 minggu sebelumnya yang selalu musim hujan, namun kali ini hari lumayan cerah, yang membuat kami berencana untuk sedikit melangkahkan kaki mencari sedikit keindahan untuk melepas penat. Destinasi yang kami tuju kali ini adalah pulau hole di desa sipolha. sekitar pukul 13 siang kami mulai bergerak dari parapat menggunakan 2 sepeda motor yang kalau kata orang medan naik kreta.
jalur yng kami lalui adalah dari jalan tanjung dolok. atau sering disebut jalan alterntif ke siantar tigaras atau simarjarunjung. 

dibutuhkan waktu sekitar 20  menit dari parapat untuk sampai disimpang jalan tanjung dolok. dikarenakan kondisi jalan yang kurang baik, disertai macet yang lumayan di daerah panatapan atau sualan.
sesampainya disimpang, jalan menuju desa sipolha akan sangat baik, idak berlubang, jalanan nya lumayan lebar untuk bisa memacu sepeda motor lebih kencang dikarenakan jalanan juga masih dilalui sangat sedikit kendaraan.

sepanjang perjalanan yang memakan waktu sekitar 30 menit, kita akan disuguhkan udara yang segar serta pemandangan yang menarik dimana sebelah kiri kita dapat menikmati pemandangan landscape danau toba yang kalau kata orang danau toba itu indah dari semua sisi.

sebelum dapat desa sipolha, sebelah kanan ada bangunan tua berbentuk ikan mas, namun sayang kali ini saya tidak sempat mengambil gambarnya dikarenakan sepulang dari sipolha hp saya sudah low hehehe. 

nah setelah dapat simpang gereja, segera turun kebawah sebelah kiri, jika teman-teman bingung dengan lokasinya, boleh menanyakan warga setempat. Mulai simpang ini, jalannya curam menurun dengan kondisi jalannya tidak sebagus sebelumnya. Jalannya tidak beraspal hanya terdiri dari batu kerikil dan batu cadas. Sekitar 5 menit kita pun melewati sebuah gereja dan kita pun tiba dilokasi parkiran warga. Parkiran seadanya dipinggir jalan tanpa atap pelindung. Tetapi anda jangan takut karena si penjaga parkir tetap setia berada dilokasi parkiran dengan biaya parkir hanya 2 ribu/sepeda motor. Kita juga tidak dikenakan biaya restribusi apapun memasuki wilayah Bukit Sipolha alias Gratis.

Dari lokasi parkiran, kita trekking hanya sekitar 5 menit dan tibalah kita di puncak Bukit Sipolha. Dari atas bukit sipolha ini kita bisa melihat view danau toba dengan airnya yang biru. Indahnya lagi, kita juga bisa melihat sebuah pulau kecil didanau toba yang berjarak sekitar 200 m dari bukit Sipolha. Pulau Hole namanya. Untuk menuju kesana kita harus menggunakan jasa kapal penyebrangan. Biayanya hanya 10 ribu/orang. Permukaan bukitnya yang datar seringkali digunakan para pecinta alam untuk camping. 

bukit sipolha

Dari info yang saya baca di Internet, Pada tahun 90an hingga sekitar tahun 2002, dulunya sipolha sangat populer dikunjungi oleh wisatawan. Namun setelahnya kunjungan wisatawan semakin berkurang hingga saat ini dikarenakan akses jalan yang mulai dan semakin rusak. Pada tahun 2016 ini, Sipolha kembali menjadi tujuan wisata bagi para traveler khususnya bagi para penikmat alam. Bukit serta Pantai Sipolha menjadi tempat yang asik untuk bersantai.

tepian danau di bukit sipolha



Tanpa terasa sudah 2 jam kami berada di Bukit Sipolha. Setelah puas berfoto ria di Danau Toba, puas melihat warga setempat memancing, kami pun memutuskan melanjutkan perjalanan ke destinasi lainnya. Inilah cerita singkatku,yolin, Ade putra, Maya saat menikmati Panorama Danau Toba dari Bukit Sipolha , semoga bermanfaat.

link terkait

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Panorama Danau Toba dari Bukit Sipolha dan Pulau Hole"

  1. 7 th mengembara dipulau sumatra, mengunjungi danau toba adalah cita" saya smg aja bisa terlaksanan dalam waktu dekat ..

    ReplyDelete
  2. teringgat lambang uang 1000 hihii.
    aslinya ternyata luarbiasa.

    ReplyDelete