Objek Wisata yang ada di Parapat

sumber foto google

Objek Wisata yang ada di Parapat. Parapat danau toba adalah sebuah kota kecil dikawasan tepi danau toba yang masih dalam kawasan kabupaten simalaungun. sebuah kota dengan tingkat kepadatan penduduk yang lumayan. termasuk salah satu objek wisata populer juga disumatera utara.

Menurut saya pribadi, parapat adalah salah satu kota yang memiliki cerita sendiri. salah satu tempat paling sering dirayakan pesta danau toba. walau tidak setiap tahunnya. kadang juga memiliki beberapa kendala. di parapat kita akan menemukan banyak sekali toko sovenir yang tentunya sangat cocok buat dijadikan buah tangan bagi para pengunjung.

tempat tempat yang harus kamu kunjungi kalau berkunjung keparapat adalah:

1. Batu Gantung
yap. tentunya kita semua sudah sering mendengar ini. ini adalah salah satu tempat populer untuk pengunjung mancanegara. karena mungkin panasaran mendengar nama itu. atau mungkin harga sewa kapal yang terlalu mahal hingga membuat wisatawan lokal enggan ketempat ini. tapi ada solusi buat yang tidak ingin lewat kapal. kita boleh melihat batu gantung dari panatapan sualan. lebih tepatnya tempat yang cocok adalah rumah makan ringgostar, karena menurut saya letak yang sangat pas sembari menikmati segelar kopi atau indomie rebus hehehe.

2. Bukit Senyum
yap sebenarnya tempat ini tidak sepenuh nya di parapat. ini adalah sebuah tempat yang pas buat menikmati sunset danau toba. letaknya di motung. untuk lebih jelasya klik bukit senyum

3. Rumah Pengasingan Bung Karno
Rumah tersebut terletak persis di pinggiran danau Toba. Rumah tersebut berlantai dua. Konon, rumah ini bekas vila para mandor perkebunan Belanda. Di tahun 1949, rumah tersebut menjadi saksi getirnya perjuangan para pemimpin Republik.

Pada akhir Desember 1949, tiga pemimpin Republik Indonesia, yakni Bung Karno, Sjahrir, dan Haji Agus Salim, di buang Sumatera Utara. Awalnya mereka ditempatkan di Brastagi. Namun tak lama kemudian, ketiganya dipindahkan ke Parapat.

Di Parapat ketiga pemimpin Republik itu menempati rumah bekas tempat peristirahatan orang-orang Belanda. “Rumahnya sangat indah dan cantik,” kata Bung Karno. Rumah itu terletak di ketinggian dan langsung menghadap ke danau Toba.

4. Gereja HKBP Parapat
yap lebih tepatnya untuk teman2 yang ingin beribadah. disalah satu gereja hkbt terbesar yang ada disumatera utara. Gereja ini menjadi daya tarik tersendiri karena dibangun dengan sangat megah.

5. Bukit Gibeon Sibisa
ya tempat ini tentu saja tidak terletak di parapat. tetapi lebih tepatnya di sibisa yang jaraknya tidak terlalu jauh dari danau toba. jika anda ingin berkunjung ketempat ini silahkan klik Bukit Gibeon sibisa untuk info yang lebih lengkap dan tidak salah juga pergi ke klik bukit senyum karena jaraknya tidak terlalu jauh dari bukit gibeon.

6. Air terjun Binangalom
ini adalah air terjun yang sempat sangat populer beberapa waktu lalu. karena keunikannya dan keindahannya tentunya. namun karena alasan beberapa hal tempat ini menjadi sepi pengunjung sekarang. namun kalau dipikir-pikir bukan kan akan lebih terjaga keasriannya kalau tidak terlalu ramai? hahaha saya rasa demikian. jika teman-teman ingin melakukan perjalanan kemari, anda bolek klik air terjun binangalom untuk informasi dan rute serta biaya yang dibutuhkan ketempat ini.

7. Robean Cafe
yap kalau menurut saya pribadi jangan lewatkan tempat yang satu ini. ini adalah tempat favorit saya. sangat cocok untuk teman-teman yang mencari ketenangan ditemani dengan segelas teh atau kopi. lokasinya tidak terlalu jauh dari parapat. ditempat ini kita akan disuguhkan dengan pemandangan kota ajibata dan parapat. tentu sangat indah kalau dinikmati malam hari karena kita akan melihat pemandangan yang diterangi lampu-lampu. untuk lokasinya klik robean cafe

8. pantai
saya sedikit bingung kalau ditanyakan nama pantainya hehehe. tapi yang pasti kalau teman-teman pengunjung ingin mencari buah tangan untuk dibawa pulang silahkan cari ditempat ini. lokasinya dekat dengan pagoda parapat. disana para toko-toko souvenir akan ramai ya tentunya menjual berbagai oleh-oleh khas danau toba seperti sosor, gelang, tas ulos, baju dll.
atau buat teman-teman yang ingin berenang didanau toba, atau bahkan ingin mengajak keluarga, pacar atau teman-temannya kepantai untuk bermain speedboart atau mungkin skuter air atau yang lain mungkin, tentu banyak hiburan disana atau hanya sekedar menikmati angin pantai bersama keluarga, disana banyak tempat sewa tikar.
note: buat para pengunjung jangan mudah tergiur dengan tawaran para pedagang, usahakan untuk menawar setiap barang yang dijual dan pastikan bahwa anda adalah pembeli yang bijak.

9. Sibaganding
nah ini bukan parapat aslinya. ini lokasinya tepat sebelum parapat jika dari siantar. di tempat ini adalah penangkaran monyet-monyet liar. anda akan melihat banyak monyet berkeliaran dijalanan. ini dikelola oleh warga lokal.

namun, seiring dengan program pemerintah yang mengatakan akan menjadikan parapat monaco of asia sudah banyak yang berubah diparapat. keramba-keramba yang dulunya berserak, sekarang sudah semakin berkurang karena larangan pemerintah. katanya parapat akan banyak dibangun, entah ini akan berdampak apa bagi penduduk setempat, kita lihat saja kedepannya. pemerintah juga mengatakan akan segera membangun jalan tol medan parapat. wah tentu berita yang sangat membahagiakan bukan? jika demikian, akan sangat gampang akses dari medan menuju parapat yang nantinya akan menaikkan minat wisata para pengunjung ke danau toba terkhususnya prapat.

itulah beberapa Objek Wisata yang ada di Parapat. namun ada satu lagi yang jarangnya tidak terlalu jauh, yaitu Taman eden 100 klik untuk rute dan info lokasinya. kalau ketempat ini jangan lupa ya singgah buat makan nenas di sipangan bolon. nenasnya boru sirait.

tentunya sebagai wisatawan yang baik, ada baiknya kalau bekunjung ketempat ini kita tetap jaga kebersihan. jangan lupa sampah dibawa pulang atau buang ditempat yang seharusnya. jaga sikap terhadap warga lokal.

untuk kulinernya saya sarankan beli makan ditempat yang murah ya hehehe untuk lebih hemat biaya tentunya. apalagi untuk kalangan anak muda backpacker yang tentunya lebih mencintai kesederhanaan dalam berpetualang. soalnya diparapat makannya lumayan mahal. kalau keparat, tanyakan ke warga sekitar dimana Warung Mie Mak Kuttel hehehe enak katanya :D.

see ya kawan-kawan.
Ard-








Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "Objek Wisata yang ada di Parapat"

  1. mantap gan, bisa buat liburan nih, btw kasih foto dong biar bisa lebih jelas gan tempatnya

    ReplyDelete
  2. keren mas , kalau boleh tau akses jalan susah apa gampang ?

    ReplyDelete
  3. Jadi penasaran daerah batu gantung kayak apa gan, kayaknya asik

    ReplyDelete
    Replies
    1. wisata batu gantung itu batu yang legendanya katanya dulunya manusia

      Delete