6 Destinasi Wisata yang ada di Samosir danau toba

6 Destinasi Wisata yang ada di Samosir dan sekitaran danau toba.
Danau terbesar di Indonesia ini, bahkan terbesar di Asia Tenggara, memang punya beragam objek wisata yang unik, mulai dari alam hingga budaya.

Berikut ini destinasi menarik yang bisa kamu datangi di sekitar Pulau Samosir dan sekitarnya.

1. Onan Runggu

Siapa yang tidak kenal Pulau Samosir? Pulau yang berada di tengah Danau Toba ini memang menyimpan sejuta daya tarik. Keindahan alamnya tentu tak perlu diragukan lagi. Kamu bisa menaiki angkutan umum atau menyewa sepeda motor untuk berkeliling Samosir. Kalau ingin menikmati pemandangan Danau Toba dari atas, kamu bisa menuju Onan Runggu. Di sana ada sebuah pondok tempat memandang ke arah danau yang sangat indah.
Untuk menuju Pulau Samosir, dari Prapat kamu naik angkutan umum ke Pelabuhan Ajibata, lalu menaiki kapal motor ke Pelabuhan Tomok di Samosir yang jalan setiap jam. Perjalanan tak sampai tiga puluh menit.

pemandangan dari atas

menara pandang

2. Museum Batak

Museum berbentuk rumah adat Batak ini terletak di Tomok, tak jauh dari pelabuhan. Kamu cukup berjalan kaki ke arah kanan, lihat jajaran penjual suvenir, lalu masuk ke sebuah gang menuju Makam Raja Sidabutar. Di sekitar situ pula museum ini terletak.
Di dalamnya museum ini terdapat peninggalan-peninggalan suku Batak, seperti senjata, pakaian adat, dan alat rumah tangga orang Batak kuno. Pokoknya kalau mau tahu lebih banyak tentang riwayat Batak, kamu mesti ke sini.

musem batak

3. Makam Tua Raja Sidabutar

Terletak berdekatan dengan Museum Batak, di pemakaman ini terdapat beberapa makam batu yang berukir kepala manusia. Makam batu yang berada di atas tanah ini adalah makam tiga raja keturunan Sidabutar beserta kerabatnya.
Kalau ke sini, kamu bisa berbincang dengan pemandu yang ada untuk mengetahui tentang sejarah kerajaan Batak. Di makam ini juga terdapat banyak ukiran khas Batak. Contohnya adalah ukiran cicak di gapura dan empat payudara ibu. Cicak berarti orang Batak harus bisa beradaptasi di mana pun berada, sementara empat payudara berarti orang Batak harus memiliki banyak anak.

Makam Tua Raja Sidabutar

4. Objek Wisata Budaya Sigale-gale

Di kampung ini terdapat Sigale-gale, sebuah patung yang konon dapat bergerak-bergerak dan menari sendiri. Asal-usul Sigale-gale cukup menarik. Konon ia adalah anak seorang raja yang meninggal di medan perang. Kematiannya menyebabkan sang raja mengalami gangguan jiwa.
Untuk mengobatinya, seorang tabib berusaha memanggil roh anak itu dan memasukkannya ke dalam kayu yang dipahat menyerupai wajahnya. Kemudian, patung Sigale-gale itu pun menari Tor tor dengan iringan musik khas Batak Toba.

sigale-gale

5. Desa Wisata Tuktuk

Sebelum ke Desa Simanindo, kita juga bisa melewati Desa Wisata Tuktuk yang berada di sebuah tanjung kecil di Samosir. Nanti ada belokan ke kanan menuju desa ini. Di sini banyak terdapat resort dan kafe, tak heran kalau turis asing banyak berkumpul di sini. Pemandangan di sini dijamin akan membuat kamu segar terus, ini adalah salah satu tempat favorit tourist untuk mencari ketenangan.

tuktuk

6. Air Hangat Pangururan

Dari Simanindo kamu lurus lagi, lumayan jauh memang, ke wilayah Pusuk Buhit. Sebuah bukit yang memiliki sumber air belerang. Aek Rangat Pangururan namanya. Di sini terdapat pemandian umum dan semuanya gratis. Ada sebuah warung kopi tepat di samping pemandian, jadi kamu juga bisa ngopi dulu setelah berendam. Sumber air belerang ini terbentuk setelah letusan Gunung Toba ratusan tahun silam. Kamu mesti mampir ke sini karena pemandangannya sangat indah.

air hangat pangururan
Sebenarnya masih ada banyak lagi destinasi unggulan di sekitar Pulau Samosir dan Danau Toba yang bisa kamu kunjungi.
untuk info wisata sekitaran danau toba
baca:
kepingan surga samosir
objek wisata di parapat




Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "6 Destinasi Wisata yang ada di Samosir danau toba"

  1. pengin kesana sih tapi kondisi dompet gak support :(

    ReplyDelete