12 Makanan Khas Sumatera Utara Yang Harus Kamu Coba

Makanan Khas Sumatera Utara akan kita bahas dalam artikel kali ini.
Sumatera Utara adalah salah satu surga kuliner di Indonesia. Pelancong bisa menemukan berbagai sajian khas daerah yang dijamin bisa menggoyang lidah. Ditambah lagi, provinsi yang beribukota di Medan ini juga dianugerahi dengan pesona alam yang menakjubkan.

Danau Toba, misalnya, merupakan ikon wisata dari Sumatera Utara yang sudah tersohor hingga ke mancanegara. Bahkan, danau ini adalah danau terbesar di Indonesia dan juga Asia Tenggara. Nah, agar bisa lebih mengenal budaya Sumatera Utara, yuk kita mulai dari mengulik apa saja kuliner asli dari provinsi tersebut.

1. Dengke Mas na Niura (sushinya orang batak)
Dengke Mas na Niura. Sajian yang berasal dari Tapanuli ini dulunya hanya dibuat khusus untuk raja, tapi kemudian karena rasanya lezat, semua orang Batak tertarik untuk membuat dan menyantapnya. Buat Anda yang suka makan daging ikan mentah, masakan ini mungkin akan pas di lidah. tapi untuk saat ini anak-anak batak mulai kurang menyukai makanan ini selain karena semakin sulit ditemukan dan atau mungkin kebiasaan lidah yang semakin berubah hehehe.

Sebaliknya, jika Anda tidak terbiasa menyantap daging ikan mentah, rasanya pasti akan sedikit asing. Dalam bahasa Batak, na niura memiliki arti ikan yang tidak dimasak. Jadi, Dengke Mas na Niura merupakan ikan mentah yang dihidangkan bersama bumbu lengkap yang akan membuat rasa dagingnya jadi lebih enak, meski tidak dimasak.

2. Bika Ambon
Penganan yang satu ini pastinya sangat akrab di telinga. Bika Ambon yang notabenenya jajanan asli Sumatera Utara kini bisa dengan mudah ditemukan di luar provinsi tersebut atau bahkan di luar Pulau Sumatera. Hal ini dikarenakan cita rasa dari Bika Ambon cocok dengan selera banyak orang dari daerah lain.


     Bika Ambon umumnya dijual dengan rasa pandan, tapi sekarang banyak yang melakukan modifikasi rasa pada penganan tersebut. Makanan yang terbuat dari bahan-bahan seperti telur, gula, dan santan itu sekarang dijual dengan varian rasa durian, keju, dan cokelat. Usut punya usut, jajanan tradisional ini pertama kali dijual dan populer di simpang Jl Ambon – Sei Kera Medan. makanan ini sudah menjadi oleh-oleh khas buat orang-orang yang berkunjung dari sumatera utara hahahaha.

3. Kue Pohulpohul
Selain Bika Ambon, jajanan asli Sumatera Utara yang patut Anda coba adalah kue Pohulpohul. Masyarakat Batak juga biasa menyebutnya itak Pohulpohul. Makanan yang berasal dari Tapanuli ini memiliki bentuk yang unik, yakni seperti kepalan jari. Itulah kenapa jajanan ini kemudian disebut pohulpohul atau kepalan.


     Bahan untuk membuat kue ini bisa dibilang sangat sederhana. Anda hanya perlu menyediakan tepung beras, tepung ketan, gula merah, gula pasir, vanili bubuk, garam, daun pandan, dan sedikit air. Semua bahan itu bisa ditemukan dengan mudah di pasar. Pohulpohul biasanya juga dijadikan buah tangan untuk pihak keluarga yang datang berkunjung dalam rangka meminang (manukkun utang) hahaha



4. Sambal Tuktuk

Suka sambal? Anda wajib mencicipi sambal khas dari masyarakat Batak Toba ini. Keistimewaan dari kuliner ini dikarenakan adanya andaliman, bumbu masak yang mudah dijumpai di Sumatera Utara. Karena andaliman sering digunakan dalam masakan khas Batak, orang-orang di luar Pulau Sumatera biasa menyebutnya merica Batak.


     Meskipun andaliman tidak sepedas lada atau cabai, aroma dan rasa dari bumbu masak ini sangat khas. Andaliman memiliki wangi jeruk yang lembut dan rasa yang sedikit “menggigit” yang akan memberi sensasi kelu di lidah. Di daerah asalnya, Tapanuli, sambal tuktuk dicampur dengan ikan aso-aso, sejenis ikan kembung yang sudah dikeringkan.

5. Roti Ganda
yap, menurut saya sendiri roti ganda adalah salah satu roti paling enak yang pernah saya makan hahaha. makanan ini dijual di siantar tepatnya sebai puat pembuatan rotinya. namun sekarang sudah semakin banyak dijual di pasaran. yang pasti roti ini sudah menjadi buah tangan yang pas jika berkunjung dari pematang siantar.


6. Mie Gomak (spagetinya orang batak)
makanan yang khas dengan batak toba ini sebenarnya sudah meliputi sibolga dan tapanuli.  orang-orang menyebutnya spagetinya orang batak. karena bentuk yang serupa tapi tak sama. kalau soal rasa tentu mie gomak rajanya hahaha. mie gomak biasa disajikan dengan berbagai menu sambal. tepapi orang batak selalu akan lebih suka dengan rasa yang manggitir hahaha


7. Dali ni Horbo (bagot ni Horbo)
yaitu air susu kerbu yang diolah secara tradisional. dan merupakan makanan khas batak dari daerah tapanuli. untuk menemukannya biasanya banyak dijual di setiap onan (pasar) didaerah tapanuli.


8. Sasagun
makanan ini terbuat dari tepung beras. yang digongseng dengan kelapa dan dicapur dengan gula. soal rasa bisa dicampur dengan nenas atau durian hahaha tergantung selera masing-masing. dahulu makanan ini disertakan oleh orang tua untuk anak-anak nya yang akan merantau atau yang akan pulang keprantauan. namun seiring berkembangnya jaman, makanan ini semakin sulit di temui. biasanya masyarakt batak akan membuat hanya pas tahun baru saja hehehe.




9. Kacang sihobuk

siapa yang tidak mengenal jajanan yang satu ini. kacang yang digongseng dikuali besar dengan pasir. supaya kacang masak dan garing merata. ini sudah menjadi oleh-oleh khas sumatera utara dari daerah tapanuli lebih tepatnya. namun sekarang juga sudah ada merk yang lain yaitu Martabe. namun rasanya sama aja kalau menurut saya pribadi.


10. Kue Ombus-Ombus
makanan atau ajajnan batak ini berasal dari siborongborong. ombusombus adalah kue yang terbuat dari tepung beras dan dibeli gula ditengahnya dan dibungkus dengan dauh pisang.


11. Manuk napinadar
Manuk Napinadar atau Ayam Napinadar adalah masakan khas Batak yang biasanya dihidangkan pada pesta adat tertentu. Untuk mengerjakan resep yang satu ini agak sedikit rumit, butuh waktu dan kesabaran. Pastinya inti dari masakan ini adalah di saus darah ayam itu sendiri. Masak Ayam Napinadar ini, ayamnya harus dipanggang terlebih dahulu, setelah itu lalu disiram dengan saus spesial yakni darah ayam (manuk) itu sendiri, dan dicampur dengan andaliman, bawang putih bubuk (yang sudah digiling sampai halus) lalu dimasak. Sama seperti kita menuangkan saus ke atas ayam yang sudah dipanggang.


12. Arsik
Arsik adalah salah satu masakan khas kawasan Tapanuli yang populer. Masakan ini dikenal pula sebagai ikan mas bumbu kuning. Ikan mas adalah bahan utama, yang dalam penyiapannya tidak dibuang sisiknya. namun sekang bukan hanya tapanuli saja sudah hamir ditiap daerah sumut. masakan ini biasanya selalu ada ditiap pesta ada orang batak



dua belas kuliner di atas tentunya hanya sebagian dari banyaknya ragam masakan yang dimiliki oleh Sumatera Utara. So, bila Anda tertarik untuk menjelajahi warisan kuliner nusantara, jangan malas untuk mencicipi makanan-makanan khas dari setiap daerah yang Anda kunjungi.

selain kuliner anda dapat menikmati berbagai jenis wisata lain di sumatera utara. seperti

Ard-



Postingan terkait:

5 Tanggapan untuk "12 Makanan Khas Sumatera Utara Yang Harus Kamu Coba"