6 Air Terjun di Sumatera Utara yang tidak bisa kamu lewatkan

Dalam artikel kali ini saya akan membahas 6 Air Terjun di Sumatera Utara yang tidak bisa kamu lewatkan yang cocok untuk kamu kunjungi saat liburan di sumatera utara. tentu ini hanya beberapa. hanya sebagian dari sekian banyak air terjun yang ada di sumatera utara.



1. Air terjun Taman eden
Air Terjun Taman Eden terletak di Desa Lumban Rang Sionggang Utara, Kecamatan Lumbar Julu, Kabupaten Toba Samosir, Propinsi Sumatera Utara. Air Terjun Taman Eden berada dalam lokasi Taman Eden 100 sebuah Agro Wisata Rohani. Di lokasi ini ada tiga buah air terjun, yaituAir Terjun 2 tingkat (500 m dari posko), Air Terjun Gua Kelelawar ( 5 km dari posko), dan Air Terjun 7 tingkat (11 km dari posko) dan semuanya ini menjanjikan kesejukan yang alami dan sangat eksotis.
Berjarak sekitar 190 km dari kota Medan dengan waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan berkemdara. Dapat ditempu dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum dengan kondisi jalan cukup baik.

info :
info tentang air terjun Taman eden

Tips
a. Pantaulah cuaca saat akan berkunjung ke Air Terjun Taman Eden, karena akan sangat menganggu liburan anda jika tiba-tiba turun hujan.
b. Anda bisa membawa makanan sendiri untuk menghemat pengeluaran selama wisata anda.
c. Bawalah barang-barang anda seperlunya. Karena jika terlalu banyak, akan memberatkan anda sendiri.
d. Jika hari libur, biasanya pengunjung yang datang ke Air Terjun Taman Eden sangat ramai. Jadi, ada baiknya datang di hari-hari biasa saja agar anda bisa bebas berwisata di air terjun ini.


2. Air Terjun Efrata
Air Terjun Sampuran Efrata terletak di Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Propinsi Sumatera Utara. Sampuran Efrata mempunyai ketinggian 26 m & lebar 10 m dgn sumber airnya berasal dari perut pegunungan Bukit Barisan. Dengan Cara geografi & topografi falsafah airnya datang dari permukaan Desa Partungkonaginjang tak mengalir ke Danau Toba melainkan mengalir lewat sungai Lau Renun ke arah Kab Dairi, dulu ke wilayah Provinsi Nanggaro Aceh sampai hingga ke Samudera Hindia.
Konon dulunya air terjun ini dipergunakan oleh penduduk dari Baniara untuk membawa air guna mengairi sawah mereka yg kering. Bahkan pun lokasi bagi para tetua buat lakukan ritual meditasi guna membersihkan diri atau menenangkan jiwa.

Berjarak kurang lebih 20 kilo meter lebih dari pusat Kab Samosir atau 3 kilometer dari ibukota kecamatan Harian.

Tips.
a. Pantaulah cuaca saat akan berkunjung ke Air Terjun Sampuran Efrata, karena akan sangat menganggu liburan anda jika tiba-tiba turun hujan.
b. Anda bisa membawa makanan sendiri untuk menghemat pengeluaran selama wisata anda.
c. Bawalah barang-barang anda seperlunya. Karena jika terlalu banyak, akan memberatkan anda sendiri.
d. Jika hari libur, biasanya pengunjung yang datang ke Air Terjun Sampuran Efrata sangat ramai. Jadi, ada baiknya datang di hari-hari biasa saja agar anda bisa bebas berwisata di air terjun ini.

3. Air Terjun Binangalom
air terjun ini sangat unik karena jatuhnya langsung ke danau toba. letak nya tidak jauh dari kota parapat dan lumban julu. hanya saja akses ketempat ini lumayan sulit karena tentunya harus menyewa kapal yang biayanya notabene lumayan mahal.

info :
Rute dan info tentang air terjun Binangalom

Tips
a. jika ingin ketempat ini usahakan ramai-ramai bersama teman atau keluarga supaya sewa kapal bisa lebih murah dibagi beberapa orang.
b. bawalah makanan dan minuman dari rumah supaya liburan anda lebih menyenangkan. jangan beli makanan siperjalanan untuk mengurangi biaya.
c. pantaulah situasi cuaca mendukung atau tidak. jangan memaksakan jika sedang hujan karena keselamatan diatas segalanya.


4.  Air Terjun Sipiso Piso
Siapa yang tidak Kenal dengan Air Terjun Sipiso-Piso ini. Air Terjun ini merupakan salah satu objek wisata andalan Propinsi Sumatera Utara. Dan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 120 meter. Terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

info :
Rute dan Tips ke Sipisopiso


5. Air Terjun Siguragura
Air terjun ini berada sekitar 250 km dari Medan. Air terjun Sigura-gura yang dihasilkan oleh sungai Asahan yang berasal dari Danau Toba ini memiliki ketinggian 250 meter dan menjadi air terjun tertinggi di Indonesia. Air sungai asahan biasa diarungi untuk kegiatan olahraga arung jeram yang berada pada area sepanjang 22 km, mulai dari Desa Tangga atau tepat di depan pintu Bendungan Sigura-gura hingga Bandar Pulau, yang menjadi muara sungai.

info:
Air terjun Siguragura


6. Air Terjun Mursala
Pasti pernah denger nama pulau Murshala? sebuah pulau di tapanuli, dengan ibukota Sibolga. Pulau ini menjadi lokasi syuting sebuah film tentang budaya dan pariwisata batak oleh sineas terkenal ibu kota jakarta, dan salah satu tempat syuting film kingkong yang sangat terkenal. Dilokasi ini ada air terjun yang langsung jatuh ke laut. Keren loh sobat Keunikannya terletak pada jatuhnya air terjun yang langsung kelaut.

info :
Tips Dan Rute ke air terjun Mursala


Artikel Terkait:
objek wisata yang ada di parapat
12 makanan khas sumatera utara
bukit senyum dan cafe unik di parapat

itulah beberapa air terjun yang tidak boleh kamu lewatkan jika berkunjung kesumatera utara. namun masih ada banyak lagi keindahan-keindahan disumut yang tidak boleh dilewatkan seperti danau toba, salib kasih, taman iman, bukit gibeon samosir dengan budaya nya yang sangat indah. tetapi tepat ingat ya lek ito, kalau berkunjung tetaplah ingat untuk tidak buang sampah sembarangan. kan gak lucu kalau oppung itu marah hehehe bukan ah. maksud saya, kalau bukan kita yang jaga kebersihan siapa lagi kan? tetaplah ramah kepada warga setempat hehehe.

see ya
Ard-






Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "6 Air Terjun di Sumatera Utara yang tidak bisa kamu lewatkan"

  1. Kok tidak ada gambar gan? Wah jadi gag bisa liat keindahan Secara langsung gan

    ReplyDelete
  2. bagus kak artikelanya, #saran sih di tambahkan foto setiap bagian bisa lebih bagus kak..

    ReplyDelete
  3. Yahh hanya bisa byangin aja air terjun nya.haha

    ReplyDelete